RSS Feed

Tentang Fasta (Forum Alumni Santri Attanwir 2006-2007)

Posted by Fasta267-Attanwir

FASTA(Forum Alumni Santri Attanwir) didirikan 30 juni 2007,di Bojonegoro.Tepatnya di Pondok pesantren Attanwir Talun Sumberejo,Bersamaan dengan acara laporan pertanggungjawaban panitia haflah akhirussannah santri Attanwir periode 2006/2007.

Nama Fasta sendiri ditentukan tepat diacara musyawarah tesebut,yang diambil dari usulan para peserta musyawarah.Awalnya,penentuan nama Fasta bukanlah suatu hal yang mudah karena banyak usulan yang juga pantas untuk nama wadah ini,Namun akhirnya peserta menyepakati nama FASTA yaitu Forum Alumi Santri Attanwir,yang Dengan nama ini diharapkan selain sebagai wadah silaturrohim fasta juga bisa dijadikan forum diskusi permasalahan Aktual masyarakat karena pada prinsipnya semua santri maupun siswa yang telah menamatkan pendidikannya di ponpes Attanwir diserahkan kembali kepada masyarakat sebagai kader yang dapat meningkatkan fungsi dan peran secara paripurna,yaitu meliputi;dakwah bil lisan, dakwah bil khal dan dakwah bil mall, selain itu juga dituntut menjelma sebagai kader yang siap mempertahankan nilai-nilai yang baik serta tetap mengikuti perkembangan masa kini. Diantara urgensi lain dari wadah ini ialah sarana pembantu pondok dalam mewujudkn keinginan untuk menghasilkan Alumni yang berguna bukan hanya di lingkup pondok yang dinakhodai para pengasuhnya namun juga berupaya ikut andil di berbagai lapisan sosial masyarakat dengan tetap membawa bendera Almamater Attanwir.

Menapaktilasi kembali Awal terbentuknya fasta,pada konteksnya pembentukan fasta dilatarbelakangi ketakutan para alumni akan tidak adanya pengikat tali silaturrohim sebagai sarana ukhuwah islamiyah setelah mereka menyandang status alumni Attanwir,yang apabila ketakutan ini benar-benar terjadi maka terputuslah channel antar santri yang pada realitanya terpencar dengan pilihan hidup masing –masing ketika mereka berniat untuk selalu menimba ilmu baik dari lembaga formal dan non formal, ataupun yang terjun langsung melalui interaksi sosial masyarakat.

Dengan background inilah akhirnya panitia haflah akhirrussannah yang dalam hal ini diketuai oleh saudara Zubair Roghib berinisiatif untuk membuat wadah khusus alumni Attanwir 2006/200 , Wadah ini bersifat khusus karena memang sejarah terbentuknya dalam musyawarah skala kecil yang hanya dihadiri oleh peserta internal alumni periode 2006/2007.

Sebagai awal kegiatan forum ini terdapat satu program fasta yang belum lama ini digelar yaitu reuni pardana Alumni 2006/2007 bertepatan tanggal 25 September di Auditorium pondok pesantren Attanwir Sumberrejo Bojonegoro. Even perdana ini tampaknya cukup menarik antusias para Alumni untuk berpartisipasi meramaikan acaranya, walaupun acaranya tidak begitu maksimal seperti apa yang diharapkan para author planning agenda ini. hal ini dikarenakan minimnya dana dan susahnya pengkoordiniran para alumni.Untuk menyiasati masalah ini, para partisipan bersepakat menjadikan acara reuni sebagai Agenda dwi warsa fasta. mereka juga berkesempatan untuk mengevaluasi kembali kordinator-kordinator yang memang tersebar di setiap wilayah kecamatan dengan niat pengoptimalan di bagian-bagiannya serta adakah celah yang memang perlu diperbaiki pada susunan panitia yang akan datang.

Selain adanya panitia disetiap programnya, terdapat pula stuktur kepengurusan tetap fasta yang terdiri dari ketua umum sebagai penanggungjawab dengan beberapa divisi sebagai staf penggerak organisasi,termasuk didalamnya kordinator-kordinator kecamatan.

Perlu digarisbawahi bahwa pada dasarnya,Fasta lahir dengan naluri keterbukaan,kekeluargaan,dan keilmuan yang terus dicoba untuk direalisasikan di berbagai aktifitasnya dengan keinginan untuk menjadikan wadah ini bisa terus berkembang secara suksesif namun tetap menjaga silaturrohim Anggota.